Tuesday 8 October 2013

Wotagei dan Chants 48 Family


Mari Belajar Bersama :)


Sambil buffer video silahkan diliat info dibawah ini ^^



1.0) Apakah itu dan Bagaimana 


Jika Anda menonton IDOL concert, baik itu AKB48, Hello! Project, Momori Clover, dll. Anda mungkin akan melihat beberapa bentuk Cheers atau Dancing dari para penonton. Itulah Wotagei (ヲタ 芸).


Wotagei berarti "wota(idol fans) art". Hal ini mengacu pada jenis dancing, cheering, gerakan yang dilakukan oleh Wota. Ini termasuk jumping, clapping, arm-waving dan chanting. Wotagei bidang yang cukup luas, meliputi keterampilan yang berbeda. Namun dalam posting ini saya hanya akan berbicara tentang yang digunakan dalam konser AKB48.


yang perlu digaris bawahi disini Wotagei di AKB48 konser terbatas hanya cheering dan simple arm movements, karena kendala ruang, dan bahwa di Teater AKB48 Anda diminta untuk duduk. Tidak ada Dancing di sekitar seperti OAD dan Romance dan sejenisnya.


Keikutsertaan Fans cukup penting dalam konser Jepang. Wotagei membantu untuk menambah kemeriahan dalam konser. Ini juga membangun kesatuan antara Anda dengan member AKB48, dan juga antara sesama fans dan wota.




2.0) The MIXes 


The MIXes adalah chants yg diteriakan Fans selama banyak lagu2 AKB48 yg kisaran mid and high tempo. Melakukan MIX sewaktu lagu sedih, lambat, dan terutama ballad tidak seharusnya dilakukan.


The MIX hanya dilakukan saat tidak ada yg sedang bernyanyi (member yang perform). Seperti pada awal lagu, atau saat bagian Instrumental. Hal ini membantu untuk membangun intensitas dari acara tanpa mengganggu/menyela member. Dan itu juga lebih terorganisasi daripada teriak secara random dari para Fans.


Kata-kata dalam MIXes sebenarnya tidak memiliki hubungan sama sekali dengan lirik lagu.


Sedikit catatan, MIX tidak berasal dari AKB48, juga bukan terbatas pada AKB48. Ini telah digunakan untul lagu IDOL selama bertahun-tahun sebelum AKB48 terbentuk.


Ada juga banyak variasi untuk MIX, tapi dibawah berikut ada 3 yg digunakan dalam konser AKB48


2.1) The Standard MIX


Aaaa あ~Yossha Ikuzo! よっしゃいくぞー!Tiger (Taiga) タイガーFire (Faiya) ファイヤーCyber (Saiba) サイバーFiber (Faiba) ファイバーDiver (Daiba) ダイバーViber (Baiba) バイバーJya Jya! ジャージャー!


Saya cukup menyebutnya dengan "1st MIX". The Standard MIX adalah yang umum digunakan dalam AKB48 lagu. Dalam Hal ini berteriak pada awal lagu, dan berakhir tepat sebelum member mulai bernyanyi.


Anda pertama kali memulai dengan "AAAA Yossha Ikuzo!", Yang berarti "HERE WE GO!", Kemudian mulai MIX. Hal ini sebagai indikator untuk MIX.


The first MIX dalam lagu selalu the Standard MIX, kau tidak akan pernah memulainya dengan yang lain. Biasanya kamu akan memulainya dari the Standard MIX, lalu memasuki the Japanese MIX saat instrumental berikutnya.


Anda dapat melihat contohnya pada 0:07 link berikut : http://youtu.be/1dT6ns_Zbos


2.2) The Japanese MIX


Aaaa あ~ Mou Iccho Ikuzo! もういっちょいくぞー!Tora 虎Hii 火Jinzou 人造Seni 繊維Ama 海女Shindou 振動Kasen-tobi-jokyo! 化繊飛除去!


Saya cukup menyebutnya dengan "2nd MIX". The Japanese MIX digunakan pada instrumental kedua atau pertengahan dari lagu. Dalam beberapa hal ini dapat digunakan pada awal lagu, anda akan melihatnya pada bab 2.4


Tidak seperti the Standard MIX, untuk the Japanese dan Ainu MIXes kau akan memulainya dengan "Mou Iccho Ikuzo!", yang berarti "HERE WE GO ONE MORE TIME!!!"


Pada dasarnya The Japanese MIX hanya terjemahan the Standard MIX. Dan lain sebagainya sama.


Anda dapat melihat contohnya pada 2:36 link berikut : http://youtu.be/V4WWkQKvcGE


2.3) The Ainu MIX


Aaaa あ~Mou Iccho Ikuzo! もういっちょいくぞー!Chape チャペApe アペKara カラKira (Kina) キラ (キナ)Rara ララTusuke トゥスケ動Myohontusuke! ミョーホントゥスケ!


Saya cukup menyebutnya dengan "3rd MIX". The Ainu MIX tidak sering digunakan, tapi anda tetap harus mengetahuinya.


Alasan mengapa ini tidak sering digunakan karena MIX digunakan saat instrumental, kamu dapat melakukan The Ainu Mix ketika lagu dengan 3 instrumental. Sangat dikit lagu AKB48 yg terdapat 3 instrumental.


The Ainu MIX masih digunakan pada the 3-ren MIX (Bab 2.5) dan bagian terpenting dalam Overture


Anda dapat melihat contohnya pada 4:50 link berikut : http://youtu.be/6JAKPNZWp0g


2.4) 2-ren MIX (2連MIX)


Aaaa Yossha Ikuzo! Tiger Fire Cyber  Fiber Diver Viber Jya Jya! Tora Hii Jinzou Seni Ama Shindou Kasen-tobi-jyokyo!あ~ よっしゃいくぞー タイガー ファイヤー サイバー ファイバー ダイバー バイバー ジャージャー! 虎 火 人造 繊維 海女 振動 化繊飛除去!


Saya cukup menyebutnya dengan "1-2 MIX". The 2-ren MIX digunakan saat intro atau instrumental dengan durasi lama. ini hanya the Standard MIX dan the Japanese MIX yang digabungkan. Sama seperti the Standard, Japanese and Ainu MIXes, kau mengakhirinya sebelum para member mulai bernyanyi.


Yang perlu diperhatikan kamu tidak perlu mengatakan "Aaaa Mou Iccho Ikuzo!" saat memasuki the Japanese MIX dalam hal ini. Seperti yang saya katakan diatas, itu hanyalah sebagai indikator untuk memulai the MIX.


Anda dapat melihat contohnya pada 0:10 link berikut : http://youtu.be/H3GLZFX2Be4


2.5) 3-ren MIX (3連MIX)


Aaaa Yossha Ikuzo! Tiger Fire Cyber  Fiber Diver Viber Jya Jya! Tora Hii Jinzou Seni Ama Shindou Kasen-tobi-jyokyo!   Chape Ape Kara Kira Rara Tusuke Myohontusuke!あ~ よっしゃいくぞー タイガー ファイヤー サイバー ファイバー ダイバー バイバー ジャージャー! 虎 火 人造 繊維 海女 振動 化繊飛除去!   チャペ アペ カラ キラ(キナ) ララ トゥスケ ミョーホントゥスケ!


Saya cukup menyebutnya dengan "1-2-3 MIX". The 3-ren MIX jarang dilakukan perihal kau butuh instrumental yang panjang sekali untuk itu. Sama seperti the 2-ren MIX, the 3-ren MIX termasuk the Standard, Japanese AND Ainu MIXes bersamaan. Ini masih digunakan the AKB48 Overture.


ini juga digunakan pada intro dan instrumental yg sangat panjang, tetapi karena the Ainu MIX tidak sering digunakan, BANYAK ORANG yang TIDAK TAHU apa yang harus diteriakkan. So instead fans nowadays use the 1.5-ren MIX (section 2.6). Jadi, malahannya Fans saat2 ini menggunakan 1,5-ren MIX (Bab 2.6)


Anda dapat melihat contohnya pada 0:11 link berikut : http://youtu.be/48ImlsCSsm0


2.6) 1.5-ren MIX / 2.5-ren MIX (1.5連MIX / 2.5連MIX)


Aaaa Yossha Ikuzo! Tiger Fire Cyber  Fiber Diver Viber Jya Jya! Tora Hii Jinzou Seni   Aaaa Yossha Ikuzo! Tiger Fire Cyber  Fiber Diver Viber Jya Jya!あ~ よっしゃいくぞー タイガー ファイヤー サイバー ファイバー ダイバー バイバー ジャージャー! 虎 火 人造 繊維   あ~ よっしゃいくぞー タイガー ファイヤー サイバー ファイバー ダイバー バイバー ジャージャー!


Saya cukup menyebutnya dengan "1-2-1 MIX". Dikarenakan the Ainu MIX tidak banyak digunakan di lagu, BANYAK ORANG yang TIDAK TAHU apa yang harus diteriakkan. Jadi, bukannya MIX 3-ren, penggemar saat ini menggunakan MIX 1.5ren. Terkadang juga disebut the 2.5-ren MIX.


Pertama anda melakukannya dengan the Standard MIX, dan kemudian anda masuk the Japanese MIX. Tapi setelah berteriak "Seni", dimana yg seharusnya "Ama", anda mulai dari awal lagi dengan"Aaaa Yossha Ikuzo!" kemudian the Standard MIX.


Originally it was only used in a few songs like Pajama Drive, Melos no Michi and Only Today. Awalnya itu hanya digunakan dalam beberapa lagu seperti Pajama Drive, Melos no Michi dan Only Today.


Anda dapat melihat 1.5/2.5-ren MIX pada 0:17 link berikut : http://youtu.be/2R6DDut7vlM


Tapi sekarang sejumlah single AKB48 menggunakan 1.5-ren MIX juga. Ponytail to Shushu salah satu contohnya. Anda dapat melihat 1.5/2.5-ren MIX pada 0:10 link berikut : http://youtu.be/j5XkJqEuSVA (Everyday Kachuusa)


2.7) Miscelleneous MIXes


Untuk lagu dengan awal yang secara tiba2, seperti apda Heavy Rotation dan Yaruki Hanabi, the MIX ditunda dan kamu melakukannya pada instrumental selanjutnya.


Anda dapat melihat contohnya pada 0:37 link berikut : http://youtu.be/JVTgYaUS2c0


Disini juga terdapat dua lagu dimana kamu melakukan the MIX saat member AKB48 masih sedang bernyanyi. Lagu tersebut adalah: Dear My Teacher (1:10) http://youtu.be/1t83ZoX0ts8 , Suifu wa Arashi ni Yume wo Miru (1:10) http://youtu.be/RBP5AJSZyGE


Dalam hal ini, the MIX diteriakkan pada baris sebelum bagian chorus, dan tanpa "Yossha AAAA Ikuzo!"



3.0) Cheers 


Selain MIX, ada beberapa cheers lainnya.


3.1) Oooo-ingKata litterature dari オーイング. Saya tidak tahu cara untuk menjelaskan hal ini selain hanya menunjukkan kepada Anda beberapa contoh.


3.1.1) Hai! Hai! Hai-Hai-Hai-Hai!


1:01 video berikut: http://youtu.be/PuC_mCG1MDs


3.1.2) oooOOO HAI!


1:05 video berikut: http://youtu.be/PuC_mCG1MDs


Hal ini sebenarnya dari PPPH (singkatan dari Pan-Pan Pa Hyuu!) Tapi bukannya bertepuk tangan Anda hanya berteriak "oooOOO" (intonasi naik) dan kemudian "HAI!". Alasan untuk ini adalah karena di Teater AKB48, Anda harus duduk.


Beberapa fans hanya melakukan "oooOOO", tanpa disertai "HAI!" Ini hanya pilihan masing2.


3.2) OGS! (オージーエス!)


Pada awal lagu tertentu, setelah drum beat, kau akan berteriak "OGS!".Banyak orang salah tanggap "OGS!" menjadi "Fourty Eight". sebenarnya salah.


Penjelasan lengkap oleh Hana dari forum Nihongogo : http://forum.nihongogo.com/topic/12886-who-is-ogs/page__p__203946#entry203946


Lagu2 yang mana Anda berteriak "Ogs!" adalah:-Juu-nen Sakura : http://youtu.be/MhvL3xENP-Q-Oshi (team B) : http://youtu.be/naI0kR_V9X4 "anata wa kyou de Suuchan oshi.. hora Chiimu~B~ *suu~merodii"


Dimohon berteriak "OGS" bukan "Fourty Eight"


3.3) Miscellaneous Calls


Beberapa lagu tertentu punya special cheer. Karena ada terlalu banyak untuk disebutkan, saya hanya akan menuliskan perubahan yang Anda paling mungkin ditemui.


Kimi no Koto ga Suki Dakara: "da-i-su-ki" dan "yo-ro-shi-ku" saat yang sama seperti ketika para member menyanyikannya.


Skirt Hirari : "sekai de ichiban suki na no" pada saat yang sama ketika para member menyanyikannya.


Oogoe Diamond: "Suki!!" bersama-sama dengan para member ketika mereka menyanyikannya (sukitte kotoba wa saikou sa).


Heavy Rotation: "I want you, I need you, I love you" dll. setelah para member menanyikannya



Namida Surprise: "Omedetou" bersama-sama dengan para member ketika mereka menyanyikannya.



Dareka no Tame ni: "Dareka no tame ni" dan "wow wow wow wow wow wow" (menaikkan intonasi)


RIVER: "Fourty Eight!", "Got it!!", "RIVER!!" and "Ho! Ho! Ho! Ho!" bersama dengan para member. http://youtu.be/7Pe9iYu3m98




4.0) Name Calls 


Saat ada sedikit nada kosong antara lyrics, kau menyebutkan nama member yg sedang bernyanyi. Kadang2 juga diteriakkan saat duet. Ini terserah anda siapa nama member yg akan anda teriakkan.


Name calls terbatas tidak melebihi dari 3 suku kata, lebih dari itu terdengar berantakan dan tidak match dengan lagu. Untuk member dengan Nickname lebih dari 3 suku kata (ex: ta-ka-mi-na), cukup berteriak "Mi-na-mi". Ada juga kasus ketika Call names berbeda dengan Nickname member. misalnya Calls name Kuramochi Asuka tidak "Mo-CCHI" tetapi "A-su-ka "


contoh :2 suku kata: Mii-chan (Minegishi Minami), A-cchan (Maeda Atsuko), Mya-ooo (Miyazaki Miho)3 suku kata: Mi-na-mi (Takahashi Minami), Ha-ru-na (Kojima Haruna), Ri-e-chan (Kitahara Rie)


4.1) Chozetsu Kawaii (超絶かわいい)


Yang artinya "Absolutely cute", ini diteriakkan sebelum menyebut the second name call.Sebagai contoh video dibawah, pada 0:18 the first name call adalah "Ma-yu-yu". lalu pada 0:22 sebelum the second name call, "Chozetsu Kawaii" diteriakkan, kemudian "Ma-yu-yu".Perhatikan bahwa tidak ada nama panggilan pada 0:30, karena tidak ada jeda dalam bernyanyi. Namun "Chozetsu Kawaii" masih berteriak 0:36.


Anda dapat mendengar "Chozetsu Kawaii" diteriakkan 0:22 dari video ini: http://youtu.be/jHfFkgcsvA0



5.0) Movements


Ada juga beberapa gerakan hand movements khusus yg digunakan saat AKB48 performances. Sebagian besar di dalam 2 kategori berikut:


5.1) Kecha  (ケチャ)Dilakukan selama lagu lambat, atau bagian lambat dari lagu cepat. Banyak lagu cepat AKB sebenarnya memiliki bagian lambat sebelum last chorus.


Salah satu contohnya pada AKB48 Ponytail to Shushu, pada 2:00 video berikut : http://youtu.be/aNhyT8Y0II0


Instruksi:1. Meluaskan kedua lengan, tangan terulur/direntangkan, kearah member yang menyanyi.   1.5. Jika Anda memegang lightstick, Anda tidak harus membuka tangan Anda..2. Perlahan-lahan kedua lengan kedepan atas.3. Tarik kembali tangan kearahmu.4. Lakukan 1 sampai 3 kali.


5.2) Furicopy (振りコピ)Furicopy seni meniru gerakan tangan member. Ketika member AKB48 melakukan gerakan dengan tangan-kanan mereka, lakukan hal yang sama dengan tangan-kananmu.


Perhatikan bahwa kamu berada dalam ruang yang ketat, jadi berhati-hatilah jika mengenai orang di sekitarmu.


Salah satu contoh Furicopy ada di Aitakatta, saat "Aitakatta, aitakatta, aitakatta, YES! Kimi ni~" dan juga "LaLaLaLaLa" dimana para member melambai2kan tangannya. Jangan lakukan Furicopy sepanjang lagu.http://youtu.be/aQPdPP08iKA


Furicopy yg lebih lengkap sebagian besar dilakukan dengan lagu-lagu yang memiliki stand mic, karena kedua tangan yang digunakan~Kamu bisa melihat Furicopy yang dilakukan di 0:51 dan 1:55 dari video ini: http://youtu.be/fVjBZ5uGIFcAKB48 members melakukan Furicopy juga! Kamu bisa melihatnya di 0:49 dari video ini: http://youtu.be/dM36VxRPVKY

0 comments:

Post a Comment